Profil Lulusan

PROFIL LULUSAN

DESKRIPSI PROFIL LULUSAN

1 Calon pendidik  Bahasa Inggris (tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas) Calon pendidik yang menguasai konsep teoretis di bidang pendidikan dan pengajaran Bahasa Inggris dan mampu mengaplikasikan konsep tersebut dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan TIK.
2 Peneliti pemula bidang pendidikan Bahasa Inggris Peneliti dalam bidang pendidikan bahasa Inggris (khususnya pada tingkar Sekolah Menengah Pertama dan Menengah Sekolah Atas) yang memahami konsep, teknik, dan metode  dasar dalam melakukan penelitian tersebut sehingga dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan pendidikan bahasa Inggris
3 Praktisi Pegawai non pendidik yang berkiprah dalam dunia kerja yang membutuhkan bahasa Inggris seperti: tour guide, front office, public relation,news anchor, dll yang mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik
4 Pengusaha dalam bidang pendidikan bahasa Inggris Pengusaha dalam bidang keilmuan pendidikan bahasa Inggris yang mampu menerapkan jiwa edupreneur dalam merencanakan dan mengelola lembaga pendidikan bahasa Inggris atau pada bidang usaha lainnya terkait keilmuan pendidikan bahasa Inggris, seperti menerbitkan buku pengajaran sederhana, membuat media pembelajaran, dll.

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran Lulusan  (CPL) Program studi pendidikan Bahasa Inggris FIP UMJ ditetapkan dengan mengacu kepada Capaian Pembelajaran yang telah ditetapkan oleh DIKTI dan pencirian (keunggulan) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris  berdasarkan pada 4 unsur pokok yaitu: Sikap (S), Keterampilan Umum (KU), Keterampilan Khusus (KK), dan Pengetahuan (P). Capaian  Pembelajaran Lulusan (CPL) inidirancang dengan mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6, Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) dan Standar Nasional Pendidikan Guru (SNPG).

Sikap (S)

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan berperadaban berdasarkan Pancasila.
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  • Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangnya, terutama di bidang pendidikan bahasa Inggris, secara mandiri.
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  • Memahami dirinya secara utuh sebagai calon pendidik

Keterampilan Umum (KU)

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni.
  • Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis, informasi, dan data.
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  • Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus (KK)

  • Mampu menerapkan keterampilan berbahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan dalam konteks percakapan sehari-hari, dalam bidang akademik maupun dalam bidang pekerjaan tertentu pada level Intermediate
  • Mampu menerapkan keterampilan berbahasa Inggris lisan maupun tulisan pada bidang pekerjaan tertentu (English for Specific Purposes)dengan didukung oleh metode dan media pengajaran yang tepat
  • Mampu melakukan pendampingan terhadap peserta didik (khususnya pada tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas) dalam pembelajaran Bahasa Inggris
  • Mampu merancang dan melaksanakan penelitian sederhana untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan Bahasa Inggris (khususnya pada tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas) serta mempublikasikan hasilnya
  • Mampu memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajarBahasa Inggris
  • Mampu mengadaptasi budaya pemakai asli bahasa Inggris secara positif ke dalam budaya bahasa Indonesia
  • Mampu melakukan pendalaman bidang kajian Bahasa Inggrissesuai dengan nilai-nilai keislaman dan perkembangan jaman
  • Mampu mengembangkan dan mengelola kurikulum sesuai dengan bidang tugas dan tingkat satuan pendidikan Menengah Pertama dan Menengah Atas
  • Mampu menerapkan metode pengajaran berbasis TIK

Penguasaan Pengetahuan (PP)

  • Menguasai konsep pedagogi-didaktik Bahasa Inggris untuk melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris yang inovatif di pendidikan menengahpertama dan atas yang berbasis TIK
  • Menguasai konsep Bahasa Inggris yang meliputi empat keterampilan berbahasa Inggris: menyimak (listening),membaca (reading), berbicara (speaking), dan menulis (writing). Selain itu mampu menguasai tata bahasa sesuai dengan kaidah yang berlaku.
  • Menguasai dasar-dasar budaya berbahasa Inggris
  • Menguasai ilmu pendidikan dan metodologi pembelajaran, yang meliputi: perencanaan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran
  • Menguasai prinsip-prinsip dasar penelitian

Memahami konsep teoritis dasar tentang kesastraan, literasi, dan pembelajaran bahasa